About

Senin, 04 Juni 2012

Kesempatan

 “ KESEMPATAN “


Dalam sebuah perjalanan dinas, seorang manajer dan stafnya yang masih muda menumpang kereta api jurusan bandung-jakarta. Tempat duduk yang tersisa hanyalah di depan wanita muda yang cantik dan neneknya. Sang manajer dan stafnya duduk berhadapandengan kedua wanita tersebut(bangku kereta mirip kelas ekonomi sekarang). Sementara kereta api berjalan, keempat orang ini mencoba menyesuaikan diri dengan membuka percakapan.
               Percakapan mulai terbuka, hingga tanpa terasa kereta yang mereka tumpangi mulai memasuki trowongan Saaksaat. Entah mengapa, lampu dlam kereta gerbong tiba2 tidak menyal, tak ayal lagi seluruh gerbong menjadi gelap gulita.

                Untuk beberapa lama keempat orang ini dan tentunya penumpang lain diliputi kegelapan total.Mereka hanya ditemani deru lokomotif serta bunyi roda kereta api. Dalam kesunyian saat itu, disamping mendengar deru kereta api, keempat orang yang duduk berdekatan itu mendengar 2 suara lain yang cukup keras, yakni sebuah ciuman dan sebuah tamparan.

                Setelah melewati trowongan yang gelap tersebut, keempat orang ini mulai menerjemahkan bunyi ciuman dan tamparan tadi dengan persisi masing-masing.

                Si wanita muda berfikir,” Saya merasa tersanjung, menajer yang berdasi di depan saya ini telah mencium saya, namun saya sangat malu karena nenek menamparnya.”

                Sedangkan neneknya berfikir,”saya kesal karena orang muda itu mencium cucu saya,tetapi saya bangga karena cucu saya berani membalas dengan menampanya!”

                Di pihak lain sang manajer duduk diam sambil berfikir,”staf saya telah menunjukkan keberanian yang besar untuk mencium gadis yang belum dikenalnya, tetapi kenapa gadis tersebut keliru menampar saya?”
                Tampaknay hanya staf itu satu-satunya orang yang tahu apa yang sesungguhnya terjadi, Sebab dalam waktu yang singkat dia mempunyai kesempatan untuk menciium seorang gadis sekaligus menampar manajernya.

 Orang bijak pernah membagi tiga jenis manusia :*pertama manusia bodoh, yakni mereka yang selalu melalaikan dan mengesampingkan setiap kesempatan yang ada. *Kedua ,manusia baik, yakni mereka yang selalu mengambil kesempatan yang datang kepadanya.*Ketiga, adalah manusia yang bijak,yakni mereka yang selalu mencari kesempatan yang memungkinkan dirinya untuk terus berkembang tanpa harus terus menunggu. 

Sebuah pepatah indah : “ Ribuan orang melihat apel jatuh, Namun hanya Isaac Newton yang bertanya : Mengapa ?”

Saat orang lain diam,kita muali berjalan.saat orang lain jalan,kita mulai berlari.saat orang berlari, kita sudah sampai. Saat orang lain sampai, kita istirahat. Saat orang istirahat, kita sudah muali jalan lagi. ONE STEP AHEAD  





From book : 
"Half full - Half Empety"

0 komentar:

Posting Komentar